Translate

Wednesday, July 10, 2019

HOAX VS FAKTA NASI DALAM MAGIC COM

APA BETUL MENGKONSUMSI NASI DALAM MAGIC COM ATAU PENANAK NASI LISTRIK MENGAKIBATKAN KANKER?? 

Banyak artikel yang bersliweran di media sosial yang mengatakan bahwa mengkonsumsi nasi yang dimasak di dalam magic com atau penanak nasi  listrik akan mengakibatkan penyakit kanker dan diabetes, sebelum anda percaya hal tersebut ada baiknya anda cek terlebih dahulu apa berita tersebut fakta atau hoax.
Lantas benarkah hal tersebut?
Menurut dokter spesialis gizi klinis, Marya Warascesaria Haryono, kandungan nasi putih baik yang panas maupun yang dingin adalah sama, yaitu 175 kilo kalori/100 gram. Meski begitu, ia mengakui bahwa kandungan gula pada nasi dingin lebih rendah dibanding nasi panas. Hal ini membuat nasi dingin dicerna lebih lama dari pada nasi panas, yang pada akhirnya tidak menaikan kadar gula darah dengan cepat.
Tentu hal ini menguntungkan bagi orang yang memiliki diabetes. Makanan dengan indeks glikemik rendah baik untuk orang diabetes karena makanan ini tidak langsung dapat menaikkan kadar gula darah. Berbeda dengan makanan yang mempunyai indeks glikemik tinggi yang dapat membuat kadar gula darah melonjak tinggi.
Dokter Marya mengungkapkan, ketimbang sibuk memikirikan kadar gula pada nasi panas atau kadar gula pada nasi dingin, yang penting untuk diperhatikan adalah seberapa banyak porsi nasi yang dikonsumsi.
Apabila Anda mengonsumsi nasi dingin dengan porsi yang terlalu banyak, maka kadar gula darah Anda juga berisiko untuk naik. Pada dasarnya, kandungan gula pada nasi tak perlu dikhawatirkan apabila dibarengi dengan asupan sesuai kebutuhan. Ketimbang sibuk membandingkan kadar gula pada nasi panas atau dingin, sebaiknya Anda meningkatkan serat dari buah dan sayur karena dapat membantu mengontrol kadar gula darah.
Bagi penderita diabetes, dibanding sibuk memikirkan kadar gula pada nasi panas atau dingin, sebaiknya Anda melakukan perencanaan pola makan yang baik. Pilihlah karbohidrat dengan indeks glikemik yang rendah, dan tetap penuhi kebutuhan lemak, protein dan serat. Batasi juga asupan camilan, terutama yang mengandung gula. Dengan pola makan yang sehat ditambah dengan rutin berolahraga, maka gula darah Anda dapat terkontrol dengan baik.

Selain itu, kontrol gula darah secara rutin dapat membantu Anda untuk menentukan asupan makanan yang akan Anda konsumsi

1 comment:

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia

    ReplyDelete