Translate

Wednesday, July 10, 2019

APA BETUL MENGKONSUMSI NASI DALAM MAGIC COM ATAU PENANAK NASI LISTRIK MENGAKIBATKAN KANKER?? 
Banyak artikel artikel Yang bersliweran di medsos yang mengatakan bahwa nasi di dalam magic com berbahaya untuk di konsumsi, mari kita cek kebenarannya terlebih dahulu biar kita lebih berilmu dan tahu yang sebenarnya serta tidak mudah di bodohi artikel hoax. 
Lantas, apakah kadar gula pada nasi panas lebih baik daripada nasi dingin 
Menurut dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, SpGK, kandungan gula pada nasi dingin ternyata lebih rendah jika dibandingkan dengan nasi yang masih panas. Fakta ini kemudian dianggap sebagai cara terbaik bagi penderita diabetes yang ingin mengonsumsi nasi.
Dokter Juwalita mengatakan, memang banyak penelitian yang berhasil membuktikan bahwa nasi yang dibiarkan pada suhu ruangan cenderung memiliki indeks glikemik yang rendah dibanding kadar gula pada nasi panas. Hanya saja, menurut dr. Juwalita, bukan berarti diet sehat akan terpenuhi hanya dengan makan nasi dingin. Ada baiknya Anda juga tetap memperhatikan asupan bergizi seimbang antara karbohidrat, protein, serta sayur.
Selain mengonsumsi nasi dingin, mereka yang berada dalam kondisi sehat atau yang memiliki diabetes juga sebaiknya mulai mengonsumsi karbohidrat yang kompleks seperti yang ada dalam gandum utuh, nasi merah, nasi hitam, atau bahkan roti gandum. Dengan mengonsumsi makanan berkarbohidrat yang kaya serat ini, maka kadar gula darah tidak akan mudah naik dengan cepat sehingga baik bagi kesehatan tubuh.
Setelah Anda mengetahui bahwa kadar gula pada nasi panas lebih tinggi dibanding nasi dingin, hal lain yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kondisi tubuh tetap optimal adalah dengan rutin melakukan olahraga. Olahraga sebaiknya tidak dilakukan saat perut masih kosong karena bisa meningkatkan indeks glukosa dalam tubuh dengan cepat.
Jika hal ini dibiarkan, dikhawatirkan kadar gula darah akan drop dengan cepat dan memicu Anda untuk pingsan. Makanlah sesuatu yang ringan setidaknya 15 menit sebelum melakukan olahraga.
Sementara itu, menurut Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.SC, nasi memang memiliki indeks glikemik yang tinggi dan bisa memicu naik turunnya kadar gula darah secara cepat. Ia mengungkapkan, memasak nasi dalam rice cooker terlalu lama bisa menyebabkan terjadi gelatinisasi yang memicu meningkatnya kadar gula.
“Bila terlalu lama dimasak akan menyebabkan proses gelatinisasi sehingga akan menurunkan kadar seratnya dan meningkatkan nilai indek glikemik,” katanya.
Belum ada penelitian pasti yang menyatakan meningkatnya indeks glikemik atau kandungan gula pada nasi atau nasi dalam magic com membuat anda terjangkit kanker. Tapi ada baiknya anda mengonsumsi nasi dingin daripada nasi panas karena dengan mendinginkan nasi maka proses tersebut dapat dihentikan sehingga tidak akan meningkatkan indeks glikemik,” ungkapnya.
Jika penjelasan sebelumnya mengatakan kadar gula pada nasi panas lebih tinggi dari nasi dingin, menurut dokter spesialis gizi klinis, Marya Warascesaria Haryono, kandungan nasi putih baik yang panas maupun yang dingin adalah sama, yaitu 175 kilo kalori/100 gram. Meski begitu, ia mengakui bahwa kandungan gula pada nasi dingin lebih rendah dibanding nasi panas. Hal ini membuat nasi dingin dicerna lebih lama dari pada nasi panas, yang pada akhirnya tidak menaikan kadar gula darah dengan cepat.
Tentu hal ini menguntungkan bagi orang yang memiliki diabetes. Makanan dengan indeks glikemik rendah baik untuk orang diabetes karena makanan ini tidak langsung dapat menaikkan kadar gula darah. Berbeda dengan makanan yang mempunyai indeks glikemik tinggi yang dapat membuat kadar gula darah melonjak tinggi.
Dokter Marya mengungkapkan, ketimbang sibuk memikirikan kadar gula pada nasi panas atau kadar gula pada nasi dingin, yang penting untuk diperhatikan adalah seberapa banyak porsi nasi yang dikonsumsi.
Apabila Anda mengonsumsi nasi dingin dengan porsi yang terlalu banyak, maka kadar gula darah Anda juga berisiko untuk naik. Pada dasarnya, kandungan gula pada nasi tak perlu dikhawatirkan apabila dibarengi dengan asupan sesuai kebutuhan. Ketimbang sibuk membandingkan kadar gula pada nasi panas atau dingin, sebaiknya Anda meningkatkan serat dari buah dan sayur karena dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah. .
Bagi penderita diabetes, dibanding sibuk memikirkan kadar gula pada nasi panas atau dingin, sebaiknya Anda melakukan perencanaan pola makan yang baik. Pilihlah karbohidrat dengan indeks glikemik yang rendah, dan tetap penuhi kebutuhan lemak, protein dan serat. Batasi juga asupan camilan, terutama yang mengandung gula. Dengan pola makan yang sehat ditambah dengan rutin berolahraga, maka gula darah Anda dapat terkontrol dengan baik.
Selain itu, kontrol gula darah secara rutin dapat membantu Anda untuk menentukan asupan makanan yang akan Anda konsumsi.

1 comment:

  1. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    ReplyDelete